Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Pengetahuan Pendidikan Inklusi dan persepsi guru pada peserta didik berkebutuhan khusus terhadap sikap guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit dan sekitarnya.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif terhadap 173 responden yang tersebar di beberapa unit kerja sekolah dasar negeri di Kecamatan Duren Sawit melalui penyebaran angket dengan link Google Form berupa pertanyaan pilihan ganda untuk variabel Pengetahuan Guru dan bentuk pernyataan menggunakan skala Likert pada variabel Persepsi Guru dan Sikap guru. Hasil analisis data dalam pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa nilai signifikansi variabel Pengetahuan Guru terhadap variabel Sikap Guru sebesar 0,088 signifikan pada α 5% menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara variabel Pengetahuan Guru terhadap variabel Sikap Guru. Pengetahuan yang dimiliki guru tidak berhubungan dengan sikap guru dalam memberikan layanan pedidikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus dan peserta didik di kelas. Sedangkan pada variabel Persepsi Guru terhadap Sikap Guru terdapat hubungan dan dapat diterima sebagai hasil sebuah penelitian dengan nilai sebesar 0,000 signifikan pada α 5%.
Dari temuan hasil penelitian diatas terdapat hubungan variabel Pengetahuan Guru dan Persepsi Guru secara simultan terhadap Sikap Guru dan dapat diterima sebagai sebuah hasil penelitian dengan nilai sebesar 0,000 signifikan pada α 5%. Persentase hubungan yang diberikan variabel Pengetahuan Guru pendidikan inklusi dan Persepsi Guru terhadap Sikap Guru adalah sebesar adalah sebesar 0,338 atau sebesar 33.8%, sementara sisanya berkemungkinan dipengaruhi oleh motivasi guru.
|