Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) mengetahui adanya pengaruh antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika; 2) mengetahui adanya pengaruh antara perhatian orang tua dan motivasi belajar matematika, dan; 3) mengetahui adanya interaksi penggunaan media pembelajaran papan pecahan matematika dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental (Quasi Experiment) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis variansi (ANOVA) dengan menggunakan desain faktorial sederhana (2x2) dan uji lanjutan berupa Uji-t Dunnet. Adapun populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas III SDN Dukuh 05 Pagi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket yang berisikan pernyataan-pernyataan dengan menggunakan parameter skala likert.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran matematika dan perhatian orang tua dengan motivasi belajar matematika. Hal ini terlihat dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai lebih besar dari 4,047 (Fh dari taraf signifikansi 0,05) sebesar 14,14 pada variabel media pembelajaran, 59.98 pada perhatian orang tua, dan 12.71 pada interaksi antara keduanya terhadap motivasi belajar matematika. Peneliti juga menemukan adanya interaksi antarvariabel pada Uji-t Dunnet dengan perhatian orang tua memegang peranan tertinggi dalam memengaruhi motivasi belajar matematika peserta didik.
|