Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournamen dan Konvensional ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Semper Barat 05 Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Dengan sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 30 siswa sebagai sampel uji coba instrument dan 60 siswa dari sampel penelitian kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial 3x3. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar MATEMATIKA dan tes uraian berpikir kritis siswa. analisis terdiri dari pengujian instrument selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA ada dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: : (1) model pembelajaran Teams Games Tournament memberikan hasil belajar Matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament yaitu thitung (4,706) > ttabel (2,018), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Teams Games Tournament maupun Teams Games Tournament dengan kemampuan berpikir kritis terdapat hasil belajar Matematika yaitu Fhitung (4,872) > Ftabel (4,085) (3) pada kategori kemampuan berpikir kritis tinggi hasil belajar Matematika lebih tinggi yang mendapat perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament yaitu thitung (7,159) > ttabel (2,086), (4) pada kategori kemampuan berpikir kritis rendah hasil belajar Matematika lebih tinggi yang mendapat perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament yaitu thitung (2,988) > ttabel (2,086). Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dan Konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa