|
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas IV SDN Pondok Ranji 04 tahun pelajaran 2022/2023. Data sampel yang digunakan adalah 64 siswa kelas IV.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif desain faktorial 2x2 atau treatment by level. Variable penelitian ini terdiri dari dua variable bebas yaitu model pembelajaran Think Talk Write sebagai variable X1, motivasi belajar siswa sebagai variable X2, dan satu variable terikat yaitu keterampilan menulis karangan deskripsi sebagai variable X3.
Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Pondok Ranji 04. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Pondok Ranji 04. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran think talk write dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Pondok Ranji 04.
|