Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara penggunaan microgame dengan motivasi, (2) apakah ada pengaruh antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa dan (3) apakah ada pengaruh antara penggunaan microgame dan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan desain eksperimental semu pada kelas V SDN Pondok Ranggon 03 Kecamatan Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Pondok Ranggon 03 Kecamatan Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur yang berjumlah 126 siswa. Jumlah sampel penelitian adalah 64 siswa. Teknik penarikan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji perbandingan rata-rata, uji korelasi, dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengggunaan microgame dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Pondok Ranggon 03 Kecamatan Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur (0,946 < 0,05), (2) adanya pengaruh antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Pondok Ranggon 03 Kecamatan Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol (0,000 < 0,05), dan (3) Adanya pengaruh antara penggunaan microgame dan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Pondok Ranggon 03 Kecamatan Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur. pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol (0,000 <0,05).