Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan literasi numerasi memiliki hubungan dengan kemampuan literasi numerasi peserta didik, hubungan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berfikir komputasional peserta didik. Metode yang digunakan adalah Metode kuantitatif. Instrument yang digunakan adalah tes. Tes diberikan kepada peserta didik SDN Menteng Dalam 01, dan 07 serta SDN Menteng Atas 01. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan berganda dengan korelasi product moment. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi numerasi dengan kemampuan berfikir komputasional peserta didik dengan nilai r hitung 0.815, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berfikir komputasional peserta didik dengan nilai r hitung 0, 847, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi numerasi dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berfikir komputasional peserta didik dengan nilai r hitung sebesar 0,879. Literasi numerasi memiliki hubungan dengan kemampuan berfikir komputasional peserta didik, sehingga literasi numerasi akan memberikan kontribusi pada kemampuan berfikir komputasional peserta didik. Kecerdasan logis matematis memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan berfikir komputasional peserta didik, sehingga dengan kecerdasan logis matematis yang tinggi akan memberikan kontribusi pada kemampuan berfikir peserta didik. Semakin tinggi kecerdasan logis matematis peserta didik, maka kemampuan berfikir komputasional peserta didik juga akan meningkat.