Abstrak  Kembali
Penilaian pada kurikulum 2013 menekankan pada penilaian autentik yang mengukur kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil. Penilaian kinerja (performance assessment ) disertai rubrik penilaian adalah salah satu alternatif bentuk penilaiannya, pada umumnya para guru dan calon guru masih kesulitan dalam membuat rubrik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengembangan instrumen penilaian kinerja siswa muatan IPA tingkat sekolah dasar secara utuh dan valid, 2) menganalisis karakteristik (validitas) instrumen penilaian kinerja siswa muatan IPA, 3) menghasilkan produk instrumen penilaian kinerja pada muatan IPA kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ( research and development ) dengan model 4-D (Four D Models) yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDIT AlMarjan Jatiasih Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dibagi atas 3 yaitu format validasi instrumen penilaian kinerja untuk mendapatkan data yang valid dan format angket respon siswa, format wawancara respon guru untuk mendapatkan data yang efektif. Uji coba validitas dilakukan oleh 2 ahli yang kompeten di bidang materi dan 1 ahli bidang evaluasi dengan hasil validasi kedua ahli materi dinyatakan “sudah layak” dengan nilai rata-rata 3.95 dari skor maksimal 4,0 dan persentase sebesar 98.79 % dari persentase maksimal 100%. Hasil validasi ahli evaluasi dinyatakan “sudah layak” dengan nilai rata-rata 3.80 dari skor maksimal 4.0 dan persentase sebesar 95,05 % dari persentase maksimal sebesar 100 % . Respon guru terhadap intrumen penilaian sesuai dengan kompetensi dasar aspek keterampilan, terbantu dalam menilai kinerja siswa, pelaksanaan penilaian kinerja cenderung kondusif. Istrumen penilaian kinerja yang dikembangkan oleh peneliti juga mampu memotret kinerja siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan.