HARTUTI, Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi dengan Disiplin Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Program Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) dengan Disiplin Guru (Y) baik secara sederhana maupun secara ganda pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Dalam penelitian ini hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dengan Disiplin Guru (Y), (2) terdapat hubungan positif antara Motivasi Berprestasi (X2) dengan Disiplin Guru (Y), (3) terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan Disiplin Guru (Y). Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif yang berusaha menjelaskan faktor yang menyebabkan suatu fenomena dengan menggunakan data berupa data yang diangkakan. Populasi penelitian adalah para guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur . tahun 2013 adalah 350 orang dan sampel diambil sebanyak 77 (tujuh puluh tujuh) orang dengan teknik proportional random sampling dari total populasi yang ada dengan menggunakan rumus slovin. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang mengukur Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) dengan Disiplin Guru (Y). Kalibrasi instrumen dilakukan untuk menguji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan menggunakan koefisien product moment, dan reliabilitas dihitung dengan menggunakan koefisien alpha cronbach, dengan nilai alpha cronbach masing-masing untuk variabel X1 sebesar 0,950, X2 sebesar 0,957 dan Y sebesar 0,959.Analisis data adalah rumus korelasi Pearson Product Moment dan Regresi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dengan Disiplin Guru (Y) yang dinyatakan dalam bentukpersamaan regresi ? = 67,25 + 0,512X1 koefisien korelasi ry1 = 0,676 adalah sangat signifikan. Variasi Disiplin Guru (Y) ditentukan oleh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) sebesar 45,70%. Kedua, kemudian temuan berikutnya adalah terdapat hubungan positif antara Motivasi Berprestasi (X2) dengan Disiplin Guru (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ? = 70,042 + 0,482X2, koefisien korelasi ry2 = 0,638 adalah sangat signifikan. Variansi Kinerja Guru (Y) ditentukan oleh Motivasi Kerja (X2) sebesar 40,70%. Ketiga, selanjutnya terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan Kinerja Guru (Y) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ? = 52,695 + 0,351X1 + 0,285X2, koefisien korelasi ganda Ry.12 = 0,744 adalah sangat signifikan. Variansi Disiplin Guru (Y) ditentukan oleh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Berprestasi ( X2) sebesar 55,30%. Dari Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan tidak terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi dengan disiplin guru ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan terdapat hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan disiplin guru diterima. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi dunia pendidikan, khusunya untuk meningkatkan disiplin guru SMP Negeri sekecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur.
|