| 
      Peningkatan kemampuan berpikir spasial dan kreativitas siswa, metode pembelajaran yang diterapkan harus sesuai dengan tujuan dan materi yang diberikan. Salah satu metode pembelajaran yang memperhatikan kesadaran metakognitif dan kreativitas siswa adalah metode pendekatan Problem Based Learning, dimana dalam penelitian ini akan dilakukan modifikasi dengan bantuan Google Earth. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pendekatan Problem Based Learning berbantuan Google Earth terhadap peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa pada muatan IPS Kelas VI menuju merdeka belajar dan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Problem Based Learning berbantuan Google Earth terhadap peningkatan kreativitas siswa pada muatan IPS Kelas VI menuju merdeka belajar. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Hasil penelitian nilai signifikansi sebesar 0.008 atau dengan kata lain nilai signifikansi lebih kecil dibandingkan derajat alpha 5% (0.008 < 0.05) sehingga penerapan pendekatan Problem Based Learning berbantuan Google Earth berpengaruh signifikan untuk meningkatkan kemampuan berfikir spasial dan nilai signifikansi lebih kecil dibandingkan derajat alpha 5% (0.020 < 0.05), bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kreativitas yang nyata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan kata lain, penerapan pendekatan Problem Based Learning berbantuan Google Earth berpengaruh signifikan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa kelas VI SDN Harapan Mulia 01.
     |