Penguasaan keterampilan literasi dan numerasi sangat diperlukan dalam
kehidupan abad 21. Berdasarkan hasil Asesmen Nasional tahun 2021 yang tertuang dalam Rapor Pendidikan memaparkan kemampuan literasi SDN Semper Barat 07 mencapai kompetensi minimum dengan nilai 1,92. Untuk kemampuan numerasi SDN Semper Barat 07 masih dibawah kompetensi minimum dengan nilai 1,68. Berdasarkan capaian kemampuan literasi dan numerasi yang masih tergolong rendah peneliti tertarik untuk menggunakan alat bantu pedagogis dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik yaitu graphic organizer dengan tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh penggunaan graphic organizer terhadap kemampuan literasi peserta didik, (2) ada tidaknya pengaruh penggunaan graphic organizer terhadap kemampuan numerasi peserta didik, (3) ada tidaknya pengaruh penggunaan graphic organizer secara simultan terhadap kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitan kuasi-eksperimental. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Semper Barat 07. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji Manova. Berdasarkan analisis data ditemukan hasil-hasil sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh penggunaan graphic organizer terhadap kemampuan literasi peserta didik, kedua terdapat pengaruh penggunaan graphic organizer terhadap kemampuan numerasi peserta didik, ketiga terdapat pengaruh secara simultan penggunaan graphic organizer terhadap kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.
|