|
Tesis ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis dan membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Penggilingan 05 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Uji T Test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa dimana terdapat dua kelas penelitian masing-masing berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan
adalah keseluruhan jumlah populasi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan desain Posttest Only Control Design. Desain ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen adalah kelas yang memperoleh perlakuan pemberian model pembelajaran Berbasis Proyek sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang memperoleh pembelajaran bahasa Indonesia tanpa menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek / Project Based Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan angket. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada pada kemampuan berpikir tingkat tinggi
yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek terdapat nilai signifikansi 0,019 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Sedangkan pada kreativitas peserta didik terdapat nilai signifikansi 0,000 juga lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Penggilingan 05 Jakarta Timur.
|