Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak tentang pola asuh orangtua dan peran orangtua dalam tumbuh kembang anak terhadap prestasi belajar peserta didik semester 2 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelatif. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dan jumlah sampel sebanyak 252 sampel. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment sebanyak 20 pernyataan dan 18 pernyataan dinyatakan valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus cronbach alpha memperoleh 0,805 dan 0,826 > 0,7, maka data tersebut memiliki instrument yang reliable. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji galat baku taksiran One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test 0.756 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji lineraritas diperoleh 0,892 dan 0,709 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antar dua variabel tersebut dinyatakan linear. Pada uji hipotesis, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya nilai Sig.0,00 lebih kecil dari 0,05 maka adanya hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel pola asuh orangtua demokratis dan peran orangtua orangtua dalam tumbuh kembang anak terhadap prestasi belajar peserta didik. Selain itu, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,713 yang berarti tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara pola asuh orangtua demokratis dan peran orangtua dalam tumbuh kembang anak terhadap prestasi belajar peserta didik adalah sebesar 0,713 atau kuat. Nilai koefisien korelasi, bernilai positif sehingga hubungan ketiga variabel tersebut bersifat searah sehingga dapat di artikan bahwa jika pola asuh dan peran orangtua semakin ditingkatkan maka prestasi belajar juga akan meningkat. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 dan H2 diterima, artinya ada hubungan signifikan yang sangat kuat dan searah antara pola asuh orangtua demokratis dan peran orangtua orangtua dalam tumbuh kembang anak terhadap prestasi belajar peserta didik.