Beberapa hasil survei memiliki bukti kuat bahwa keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih cukup rendah. Salah satu
pendekatan pembelajaran di era globalisasi yang berkaitan dengan pengembangan soft skill adalah pendekatan pembelajaran science, technology, engineering, art, and mathematics (STEAM) yang mengaitkan ilmu pengetahuan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika, sehingga peserta didik diberikan pengertian secara holistik melalui pengalaman belajar. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sangat ideal dalam mewujudkan tujuan pendidikan abad ke-21 karena bersifat kontekstual, sehingga dapat memberdayakan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Pendekatan STEAM berbasis model Project Based Learning diharapkan dapat menghubungkan pengetahuan peserta didik di bidang sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Sehingga diharapkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Maka akan dilakukan penelitian
eksperimen yang berjudul “Pengaruh Pendekatan STEAM Berbasis Model
Project Based Learningterhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar”, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Pengaruh pendekatan STEAM berbasis model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik di Sekolah Dasar, (2) Pengaruh pendekatan STEAM berbasis Project Based
Learning terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental dengan Posttest Only Control Design . Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Ciracas 01, sebagai kelas kontrol yaitu kelas VA dan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VB. Data hasil keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar dianalisis menggunakan uji mann u Withney. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh pendekatan STEAM berbasis Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada muatan pelajaran IPA dengan hasil perhitungan uji statistik diperoleh 𝑍ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 13,05 > 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,64 pada taraf nyata α= 0,05, kedua terdapat pengaruh Pendekatan STEAM berbasis Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil perhitungan uji statistik diperoleh 𝑍ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 12,61 > 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,64 pada taraf nyata α = 0,05.
|