Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan keyakinan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik sekolah dasar. Sampel penelitian sebanyak 207 siswa kelas VI yang berada di tiga sekolah dasar negeri di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan adalah Angket. Angket diberikan kepada peserta didik SDN Kelapa Dua Wetan 01, SDN Kelapa Dua Wetan 03, serta SDN Kelapa Dua Wetan 06. Data analisis menggunakan bantuan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai r hitung sebesar 0,985 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keyakinan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal dengan nilai r hitung 0,985. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan keyakinan diri secara bersama-sama dengan keterampilan komunikasi interpersonal. Adapun kontribusi kecerdasan emosional dan keyakinan diri dalam membentuk keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik sebesar 97,7% dan sebesar 2,3% dipengaruhi oleh faktor lain.