WASNATA, Pengaruh Tunjangan Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji 1) Pengaruh tunjangan sertifikasi guru terhadap disiplin guru. 2) Pengaruh motivasi kerja terhadap disiplin guru. 3) Pengaruh tunjangan sertifikasi guru terhadap motivasi kerja. Penelitian menggunakan metode survei kausal dengan disain korelasional. Metode survey dilakukan karena sesuai dengan cara pengambilan data yaitu secara langsung tanpa dilakukan perlakuan terhadap obyek penelitian, sedangkan hubungan kausal dengan disain korelasional digunakan untuk mengkaji atau menganalisis keterkaitan antara variabel penelitian, serta mengukur pengaruh variabel satu dengan variabel lainnya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tunjangan sertifikasi guru (X1), motivasi kerja (X2) dan disiplin guru (X3). Populasi penelitian ini yaitu adalah guru-guru yang mengajar di SD Negeri Kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang berjumlah 237 orang, sedangkan Jumlah sampel penelitian sebanyak 149 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Propotional random sampling yaitu dengan memberikan kesempatan yang sama kepada anggota populasi untuk dipilih dan dijadikan sebagai sampel secara acak dan proposional. Penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk kuesioner yang terdiri dari 35 butir pernyataan (item) yang diukur menggunakan skala Model Likert. Masing-masing item terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Sangat Sering (SS), Sering (S), Kadangkadang (KK), Pernah (P) dan Tidak Pernah (TP). Penelitian ini melalui beberapa tahapan analisis data meliputi deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Deskipsi data merupakan pendeskripsian data/skor yang diperoleh dari jawaban responden ke dalam bentuk perhitungan statistik dasar seperti rata-rata(mean), median, modus, standar deviasi, varians, nilai minimum, nilai maksimum, total skor, tabel distribusi frekuensi dan histrogram. Pengujian yang dilakukan adalah uji normalitas galat taksiran menggnakan rumus Lilliefor dan uji homogenitas menggunakan rumus beda varians. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji korelasi, regresi dan analisis jalur Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung positif tunjangan sertifikasi guru terhadap disiplin kerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,609, koefisien determinasi (r13 2) sebesar 0,370 dan koefisien jalur (p31) sebesar 0,423 > 0. Dengan demikian peningkatan tunjangan sertifikasi guru akan memberikan pengaruh langsung positif terhadap disiplin kerja guru. 2) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,568, koefisien determinasi (r23 2) sebesar 0,322 dan koefisien jalur (p32) sebesar 0,329 > 0. Dengan demikian peningkatan motivasi kerja guru akan memberikan pengaruh langsung positif terhadap disiplin kerja guru. 3) Terdapat pengaruh langsung positif tunjangan sertifikasi guru terhadap motivasi kerja. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,563, koefisien determinasinya (r12 2) sebesar 0,317, dan koefisien jalur (p21) sebesar 0,563 > 0. Dengan demikian peningkatan tunjangan sertifikasi guru akan memberikan pengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja guru.
|