Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan besarnya hubungan antara: (1) Keterlibatan orang tua dengan pembentukan karakter; (2) Keterlibatan lingkungan sosial dengan pembentukan karakter; (3) Keterlibatan orang tua dan lingkungan sosial secara bersama-sama dengan pembentukan karakter. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Segugus 5 Karawaci Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survei kausal dengan pendekatan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD di Gugus 5 Korwil Karawaci Kota Tangerang yang berjumlah 157 orang dan menggunakan rumus yang dikembangkan Slovin, diperoleh 113 guru yang menjadi sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, teknik pengumpulan data yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas, yaitu angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan statistik korelasi dan regresi dengan taraf  = 0,05. Penelitian memberikan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan sebesar 0,638 antara keterlibatan Orang Tua dengan pembentukan karakter peserta didik SD di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang, (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan sebesar 0,583 antara lingkungan sosial dengan pembentukan karakter peserta didik SD di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang, dan (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan sebesar 0,732 secara bersama-sama antara keterlibatan orang tua dan lingkungan sosial dengan pembentukan karakter peserta didik SD di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang.