Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian Stnadar PAUD. Di Pendidikan Anak Usia Dini Melati Bona Indah Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta studi dokumentasi,sebagairesponden yang diwawancari adalah kepala PAUD Melati Bona Indah,5 orang guru serta 10 0rang tua sswa. .Model CIPP memiliki empat jenis evaluasi yaitu : Evaluasi kontek (conteks), Evaluasi masukan (input), Evaluasi Proses (process), dan Evaluasi (Produc), dan Evaluasi (Produc). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program manajemen mutu di PAUD Melati Bona Indah Melalui Evaluasi Kontek kaitan dengan Tenaga Pendidik dan Tenaga kependidikan mengacu pada standar PAUD cukup memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Evaluasi Input kaitan dengan Proses pembelajaran, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta penilaian. Evaluasi proses kaitan dengan sarana dan prasarana sebagai daya dukung penyelenggaraan layanan PAUD ,Untuk fasilitas belajar, kurang proporsional dengan jumlah peserta didik. Evaluasi produk berupa hasil dan dampak program manajemen mutu diantaranya, adanya perubahan periaku siswa dari yang tadinya belum mandiri setelah mengikuti kegiatan belajar sambil bermain, pesrta didik tersebut tampil berani, memiliki rasa percaya diri, selain itu tingkat kepercayaan masyarakat dengan memilih PAUD Melati Bona Indah untuk menjadikan gerbang awal memasuki dunia Pendidikan bagi putra-putrinya. Dengan penelitian ini, diharapkan lebih dapat meningkatkan mutu PAUD.