Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Pengaruh kompetensi managerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di TK se-Kecamatan Tangerang. 2) Pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru di TK se-Kecamatan Tangerang. 3) Pengaruh kompetensi managerial kepala sekolah terhadap iklim sekolah di TK se-Kecamatan Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 139 guru TK se-Kecamatan Tangerang dengan sampelnya berjumlah 103 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis, diketahui: 1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kompetensi Managerial Kepala Sekolah terhadap motivasi kerja guru TK se Kecamatan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (5,488 > 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,440; 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru TK se Kecamatan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (3,506> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,166; 3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kompetensi Managerial Kepala Sekolah terhadap iklim sekolah TK se Kecamatan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (7,502> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,598.