Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program School of Parent Engagement (ScoPE) di TK Tunas Robbani Sekolah Alam Tangerang yang berlokasi di kecamatan Pinang Kota Tangerang. Model Kirkpatrick dipilih untuk mengevaluasi implementasi program ScoPE ini, dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif-evaluasi, yaitu dengan mendapatkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada peserta School of Parent Engagement (ScoPE), guru, dan kepala sekolah. Berdasarkan wawancara dan kuesioner, disimpulkan bahwa pada tahap reaksi, peserta merasa puas terhadap penyelenggara, narasumber, materi atau kurikulum, serta sarana dan prasarana program ScoPE. Pada tahap belajar, seluruh peserta merasa mendapatkan peningkatan pengetahuan setelah mengikuti pelatihan ini dalam hal pendidikan anak dan peran mereka sebagai orangtua. Pada tahapan perilaku, peserta menjadi lebih sabar, dan lebih teliti dalam mengobservasi perkembangan anak. Pada tahapan dampak , terjadi peningkatan keterlibatan orangtua terhadap program sekolah sehingga memperlancar proses Pendidikan anak di TK Tunas Robbani Sekolah Alam Tangerang. Implikasi dari penelitian ini adalah program ScoPE dapat menjadi rujukan bentuk kegiatan pelatihan untuk orang tua yang materi nya tersusun secara sistematis dan sesuai dengan kebutuhan para orangtua siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah bahwa model evaluasi Kirk Patrick dapat diterapkan pada program ScoPE secara rutin agar terukur keberhasilannya dan dapat ditingkatkan kualitas penyelenggaraannya.