Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Hubungan
antara pelaksanaan supervisi pengawas sekolah, dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang; (2) Hubungan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang; (3) Hubungan motivasi dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Tengah Kota Tangerang; (4) Hubungan antara pelaksanaan supervisi pengawas sekolah, gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi secara bersama-sama dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang dengan sampelnya berjumlah 144 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis, diketahui: 1) Terdapat hubugan positif dan signifikan Supervisi pengawas dengan Kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil nilai rhitung > rtabel (0,637 > 0,164) dan nilai Sig < nilai α (0,000 < 0,05). 1) Terdapat hubugan positif dan signifikan Kepemimpinan trasformasional dengan Kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil nilai rhitung > rtabel (0,540> 0,164) dan nilai Sig < nilai α (0,000 < 0,05). 3) Terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan Kinerja guru. Hal ini terbukti dari nilai rhitung > rtabel (0,544> 0,164) dan nilai Sig < nilai α (0,000 < 0,05). 4) Terdapat hubugan positif dan signifikan Supervisi pengawas, Kepemimpinan trasformasional dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan Kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil nilai rhitung > rtabel (0,816> 0,164) dan nilai Sig < nilai α (0,000 < 0,05). Tingkat hubungan antara Supervisi pengawas Kepemimpinan trasformasional dan motivasi kerja dengan Kinerja guru dalam kategori hubungan yang sangat tinggi
|