Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: 1) Besarnya pengaruh antara kompetensi managerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri gugus 3 kota Tangerang; 2) Besarnya pengaruh antara iklim kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus 3 kota Tangerang; 3) Besarnya pengaruh antara kompetensi managerial kepala sekolah terhadap iklim kerja di Sekolah Dasar Negeri Gugus 3 kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan survey dan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 3 Kota Tangerang yang berjumlah 158 guru dengan sampel sebanyak 113 guru yang diambil secara acak (Proporsional random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kompetensi manjerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Gugus 3 Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (14,864 > 1,982) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,562. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,562 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kompetensi manjerial kepala sekolah dengan kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang. 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan iklim kerja terhadap kinerja guru di SD Negeri Gugus 3 Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (2,927> 1,982) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,268. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,268 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Ini artinya iklim kerja dengan kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah. 3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kompetensi manjerial kepala sekolah terhadap iklim kerja orang di SD Negeri Gugus 3 Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (2,576> 1,982) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,238. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.002. ini artinya kompetensi manjerial kepala sekolah dengan iklim kerja memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah.
|