Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan di taman kanak- kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 84 Jakarta Barat, yang ditinjau dari pengembangan agama Islam dan pendidikan Kemuhammadiyahan, proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian evaluasi ini adalah pengurus cabang Aisyiyah, kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang jumlahnya 39. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) implementasi kurikulum AlK terintegrasi dengan bidang pengembangan agama islam dan pengembangan pendidikan Kemuhammadiyahan melalui kegiatan pembiasaan seperti hafalan doa sehari-hari, membaca iqra’, wudhu, dan perilaku baik, 2) dalam pelaksanaan pembelajaran nilai-nilai Islami dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari malalui materi kurikulum seperti materi ibadah, akhlaq, muamalah, Al-Quran dan doa-doa, dan 3) ditinjau dari hasil pembelajaran peserta didik, siswa dididik untuk mengembangkan nilai-nilai agama Islam dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dapat disimpulkan bahwa kurikulum berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan dapat diterapkan di pendidikan taman kanak-kanak sebagai ciri khas kurikulum sekolah.