Abstrak  Kembali
Supervisi merupakan salah satu fungsi manajemen yang diperlukan untuk pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisien serta mengembangkan mutu satuan Pendidikan. Supervisi yang dilaksanakan sebatas pemenuhan administratif tugas pokok dan fungsi kepala sekolah belum pada perbaikan dan pengembangan pada profesionalitas guru. Sehingga motivasi guru untuk meningkatkan kinerja, melakukan perbaikan dan pengembangan diri terutama dalam proses pembelajaran belum tampak secara optimal. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui perencanaan program supervisi akademik dalam proses pembelajaran di TK Pembina IV Kota Tangerang Selatan. 2) Mengungkapkan implementasi program supervisi akademik dalam proses pembelajaran yang dipengaruhi situasi sekolah. 3) Menganalisis kebaikan dan kelemahan bagian dari evaluasi supervisi akademik dalam proses pembelajaran. 4) Menganalisis dampak evaluasi program supervisi akademik dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan di TK Pembina IV. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan model CSE-UCLA tertuju pada empat tahapan proses, yaitu perencanaan, proses, formatif dan sumatif, sesuai digunakan untuk mengevaluasi program pemtosesan di TK Pembina IV Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Teknik Pengumpulan data yang digunakan observasi, survei, wawancara, dokumentasi. Adapun Analisis Data (a) reduksi data, (b) data display (c) penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi ini menunjukkan: 1) Supervisi akademik yang dilakukan Kepala TK Pembina IV kota Tangerang Selatan antara lain adalah: (a) Memahami konsep, prinsip, teori dasar pembelajaran kreatif, inovatif (b) Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan (c) Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa, (d) Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran (e) Membimbing guru dalam mengelola serta mengembangan pengetahuan dengan TIK. 2) Supervisi akademik dengan mentoring method bisa memberikan jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi guru selama ini dan menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 3) Evaluasi program supervisi akademik: a) Evaluasi Konteks. b). Evaluasi Input. c) Evaluasi Proses. d) Evaluasi Produk. 4) Dampak supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala TK dalam meningkatkan kreativitas guru diperoleh informasi bahwa: perencanaan supervisi akademik meliputi kegiatan dalam menentukan tujuan, sasaran, mengorganisasikan kegiatan dan menentukan waktu.