Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Menganalisis kepemimpinan kepala sekolah, (2) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler, (3) Tujuan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler di SDN Cawang 04 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Bertempat di SDN Cawang 04 dengan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, Tata Usaha Sekolah dan Komite sekolah. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman, dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah harus bisa mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan serta menggerakan guru dan pegawai sekolah dalam upaya mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang berlangsung di sekolah dikarenakan kepala sekola merupakan pemimpin tertinggi di sekolah, Dalam manajemen ekstrakurikuler dibutuhkan beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh sekolah diantaranya Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru yang perencanaannya dilakukan melalui rapat koordinasi pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SDN Cawang 04 Jakarta Timur yang dikelompokan menjadi dua yaitu, ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan kegiatan untuk mengetahui realisasi prilaku kinerja guru, kepelatihan dan perkembangan peserta didik di sekolah, apakah tingkat pencapaian tujuan pendidikan sesuai yang dikehendaki, kemudian apakah perlu diadakan perbaikan. Kegiatan Ekstrakurikuler memiliki beberapa tujuan dalam pengembangan minat dan bakat peserta didik, diantaranya yaitu: Sebagai tempat untuk pengembangan diri bagi peserta didik, Menyeimbangkan proses dan hasil belajar siswa yaitu antara kecerdasan akademik dan non-akademik, Menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat serta potensi peserta didik agar dapat menjadi manusia yang kreatif dan penuh karya, Melatih mental peserta didik, Memberikan keterampilan kepada peserta didik sebagai modal di masa yang akan datang, Melatih kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.