Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji secara empiris tentang seberapa besar pengaruh supervisi akademik kepala sekolah (X1), budaya sekolah (X2) dan motivasi kerja guru (X3) terhadap kinerja guru (X4) SDN se-Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, tehnik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan kuisioner angket, dimana tehnik pengambilan sampel menggunakan random sampling berjumlah 158 orang. Metode analisis data menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan menggunakan korelasi linear sederhana. Pengumpulan data Penelitian kuantitatif ini menggunakan instrumen dengan skala Likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Koefisien Korelasi Pearson Product Momentdan uji reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk menguji persyaratan analisis digunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas Levena. Hasil analisis data dengan uji statistik regresi liniear sederhana menggunakan aplikasi SPSS menunjukan bahwa 1) Dari hasil pengujian hipotesis dan pengolahan data terlihat bahwa nilai korelasi sebesar 0,441 dengan demikian ada pengaruh positif antar variabel Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Budaya Sekolah. dan nilai sig < 0,05 sehingga pengaruh yang dihasilkan signifikan. Ditunjukan dengan persamaan regresi persamaan regresi sederhana sebagai berikut: Ŷ = 105,724 + 0,332X1. 2) Terdapat hasil nilai beta sebesar 0,280 artinya terdapat pengaruh langsung positif Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Motivasi kerja dan nilai sig < 0,05 sehingga pengaruh yang dihasilkan signifikan. 3) Terdapat hasil dilihat nilai beta pada variabel budaya sekolah sebesar 0,528 artinya terdapat pengaruh langsung positif Budaya sekolah terhadap Motivasi kerja dan nilai sig < 0,05 sehingga pengaruh yang dihasilkan signifikan. 4) terdapat persamaan regresi sederhana sebagai berikut: Ŷ = 36,058 + 0,213X1+ 0,534X2. 5)Terdapat hasil nilai beta sebesar 0,139 artinya terdapat pengaruh langsung positif Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan nilai sig < 0,05 sehingga pengaruh yang dihasilkan signifikan. 6) Terdapat hasil nilai beta pada variabel Budaya Sekolah sebesar 0,139 artinya terdapat pengaruh langsung positif Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan nilai sig < 0,05 sehingga pengaruh yang dihasilkan signifikan.