Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi program Ekstra kurikuler Pramuka di SDN Poris Pelawad 3 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru, komite sekolah, wali murid dan murid. Analisis evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP (Context Input Process dan Product). Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kondisi kurang efisiensinya kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka, dan peranan guru-guru dalam memotivasi kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan yang berlangsung dalam setiap pekannya dirasa kurang maksimal dan efisien. Terlihat sangat sedikit sekali siswa-siswa yang berminat ikut latihan pramuka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini Contect nya adalah karena siswa yang belum memiliki nilai-nilai atau norma-norma penghayatan akhlak mulia. Inputnya beragam karena siswa berasal dari latar belakang ekonomi, sosial, budaya dan latar belakang pendidikan orang serta fasilitas sarana dan prasarana masih belum memadai. Process nya sudah baik, karena semua kegiatan atau program kerja pramuka sudah dapat terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan beberapa prestasi kelompok yang di raih oleh SD Negeri Poris Pelawad 3 Tangerang. Product siswa SD Negeri Poris Pelawad 3 Tangerang mendapat prestasi namun itu dalam kelompok, jika dalam individu, siswa SD masih kurang memiliki prestasi. Hasil nyata yang dirasakan oleh murid, guru dan orang tua adalah berkembangnya nilai karakter baik murid setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.