| 
      Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh (1) supervisi
kepala sekolah, (2) kompetensi profesional guru dan (3) rancangan pembelajaran terhadap mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey kausal dengan desain korelasional dan analisis jalur (Path Analisis). Desain korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh antara dua variabel atau lebih. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah supervisi kepala sekolah ( ), kompetensi profesional guru ( ) rancangan pembelajaran ( ), dan mutu pendidikan (Y1)
Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di gugus 2 Kecamatan
Tangerang sebanyak 182 orang. Hasil perhitungan dengan rumus slovin diperoleh sebanyak sebanyak 125 orang guru sebagai sampel penelitian dan ditetapkan 30 orang guru sebagai sampel uji coba. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah dengan cara memberikan kesempatan yang sama kepada populasi untuk dipilih dan dijadikan sebagai sampel secara proporsional (Proportional Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel supervisi kepala sekolah, kompetensi professional guru, dan rancangan pembelajaran, dan mutu pendidikan. dengan menggunakan kuesioner atau angket model Skala Likert. Uji validitas dihitung dengan rumus Produk Moment dan relibialitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Data di analisis dengan statistic deskriftif, untuk menguji hipotesis
digunakan uji korelasi, uji regresi dan uji determinasi yang dihitung menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan supervisi kepala sekolah, kompetensi profesional guru dan rancangan pembelajaran, memiliki pengaruh terhadap mutu pendidikan secara parsial maupun simultan. Ketiga variabel X ini juga memiliki kontribusi sebesar 85,1% terhadap variabel Y sementara sisanya 14,9% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diimplikasikan bahwa supervisi kepala sekolah, kompetensi profesional guru dan rancangan pembelajaran pada guru di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Tangerang sudah baik dan hal ini perlu ditingkatkan melalui kegiatan uji kompetensi guru, membuat rancangan pembelajaran yang baik serta mengoptimalkan peran kepala sekolah agar kualitas mutu pendidikan semakin baik
     |