Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN Tangerang 6. Penelitian yang dilakukan di SDN Tangerang 6 melibatkan Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Waka Kurikulum, bagian sarana dan prasarana serta orang tua murid. Fokus dalam penelitian kualitatif ini lebih kepada mendeskripsikan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SDN Tangerang 6 dan menganalisis evaluasi terhadap impementasi MBS di sekolah tersebut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi dengan menggunakan model CIPPyang menjelaskam mengenai bagaiamana konteks, input, proses, dan produk MBS di SDN Tangerang 6. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ini terdiri dari aspek konteks, program manajemen berbasis sekolah mrupakan program yang dibutuhkan di SDN Tangerang 6 dengan tujuan untuk menciptakan suasana sekolah yang kondusif dan harmonis serta untuk memperbaiki kualitas mutu sekolah di bidang akademik dan non akademik. Pada aspek input, program manajemen berbasis sekolah di SDN Tangerang 6 memperoleh dukungan dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal berupa sumber daya manusia meliputi pendidik dan tenaga kependidikan serta komite sekolah dan peran orang tua murid. Pada aspek proses, pelaksanaan program manajemen berbasis sekolah di SDN Tangerang 6 telah terlaksana dengan terpenuhinya semua program dan didukung semua pihak yang berkepentingan terhadap majunya sekolah. Pada aspek produk, pelaksanaan program manajemen berbasis sekolah di SDN Tangerang 6 telah berhasil dengan meningkatnya prestasi akademik dan non akademik dibuktikan dengan nilai para siswa-siswi yang dapat memenuhi KKM, piala dan daftar kejuaraan yang terpampang di ruang kepala sekolah serta terciptanya suasana kerja yang kondusif, harmonis.