Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh (1) Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru, (2) Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru, (3) Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Iklim Organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey kausal dengan desain korelasional dan analisis jalur ( Path Analisis ). Populasi dalam penelitian ini adalah guru PNS di SD Negeri se Kecamatan Ciledug Kota Tangerang yang berjumlah 128 guru. Sampel berjumlah 30 guru dengan menggunakan teknik acak proporsional (Proportional Random Sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, terdapat pengaruh langsung positif keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap motiavsi kerja guru sebesar 74%. Hal ini berarti semakin baik keterampilan manajerial kepala sekolah maka semakin baik pula motivasi kerja guru. Dengan thitung 18.916 dan koefisien jalur 0.860. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi terhadap motiavsi kerja guru sebesar 74.4%. Hal ini berarti semakin baik Iklim Organisasi maka semakin baik pula motivasi kerja guru. Dengan thitung = 19.132 dan koefisien jalur = 0.863 Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap motiavsi kerja guru sebesar 57%. Hal ini berarti semakin baik keterampilan manajerial kepala sekolah maka semakin baik dan nyaman pula Iklim Organisasi Sekolah. Dengan thitung = 12.932 dan koefisirn jalur = 0.755 Berdasarkan hasil penelitian dapat diimplikasikan sebagai berikut : (1) akan berdampak positif dan signifikan bilamana kepala sekolah meningkatkan kualitas keterampilan manajerial agar dapat memberikan kontribusi yang tinggi terhadap peningkatan motivasi kerja guru, (2) akan berdampak positif dan signifikan bilamana Iklim Organisasi Sekolah ditingkatkan sehingga akan dapat meningkatkan motivasi kerja guru (3) Akan berdampak positif dan signifikan bilamana keterampilan manajerial kepala sekolah meningkat sehingga iklim organisasi.