Abstrak  Kembali
Sekolah membutuhkan evaluasi untuk memastikan produktivitas tercapai. Untuk mengukur strategi-strategi yang dilakukan dalam upaya mencapai produktivitas yang diharapkan, dibutuhkan Key Performance Indicator (KPI). KPI terdiri dari beberapa indikator kinerja, tolok ukur, dan target sebagi ukuran dari produktivitas sekolah. KPI yang digunakan oleh SMP Islam Al Ikhlas, yang menjadi acuan program produktivitas sekolah, mengukur KPI Kurikulum, KPI Kesiswaan, KPPI SDM, sarana dan prasarana, serta keuangan. Tujuan penelitian ini menganalisis dan mengeksplorasi melalui evaluasi implementasi program produktivitas sekolah berdasarkan KPI di SMP Islam Al Ikhlas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model evaluasi Kirkpatrick. Hasil temuan penelitian yaitu: (1) evaluasi pada level reaksi menunjukkan reaksi positif dari Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan orang tua terhadap ketercapaian target pada KPI Kurikulum, KPI Kesiswaan, serta sarana dan prasarana di SMP Islam Al Ikhlas, (2) evaluasi pada level pembelajaran menunjukkan kegiatan pelatihan-pelatihan untuk para Guru sudah sesuai dengan kebutuhan peningkatan kompetensi Guru di SMP Islam Al Ikhlas serta penguasaan materi-materi dari pelatihan yang diberikan dapat dinilai baik, (3) evaluasi pada level perilaku menunjukkan Guru SMP Islam Al Ikhlas mengalami perubahan perilaku kerja menjadi lebih baik sehingga sesuai dengan KPI SDM, dan (4) Evaluasi pada level hasil menunjukkan implementasi program produktivitas sekolah di SMP Islam Al Ikhlas dinilai kurang karena kurang tercapainya target pada penerimaan peserta didik baru di tahun 2020/2021 serta kurang tercapainya 0% piutang.