Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program Klinik Pengembangan kompetensi (KPK) guru di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang Banten dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan Model Alir dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context (konteks) sudah baik, karena sesuai dengan analisis kebutuhan diklat, latar belakang diklat, relevansi kurikulum dan tujuan program diklat. Namun belum ada dasar hukum bagi pelaksanaan program Klinik Pengembangan Kompetensi (KPK) tersebut, (2) evaluasi input (masukan) sudah baik, dikarenakan penyelenggara berperan dengan baik, instruktur berkompeten dan menguasai materi, penerimaan peserta diklat sesuai dengan kriteria, kesesuaian materi diklat, penggunaan media dan metode pembelajaran berfungsi optimal, sarana prasarana mendukung kegiatan diklat, namun pengelolaan dana anggaran diklat belum baik, (3) evaluasi process (proses) sudah baik, dikarenakan kesesuaian jadwal kegiatan, kinerja penyelenggara dan instruktur optimal, peserta mengikuti diklat dengan aktif dan baik, dan evaluasi dilakukan secara menyeluruh baik evaluasi peserta, instruktur maupun penyelenggara, (4) evaluasi product (produk) sudah baik, dikarenakan peserta menguasai materi dan sesuai dengan indikator ketercapaian program. Hasil evaluasi program Klinik Pengembangan kompetensi (KPK) guru di Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang Banten dengan menggunakan model evaluasi CIPP secara keseluruhan terlaksana dengan baik, tetapi masih perlu beberapa perbaikan terkait dasar hukum dan pengelolaan dana anggaran diklat guna menghasilkan kualitas dan kuantitas guru yang berkompeten dan profesional.