Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi implementasi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah Bumi Indah Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Banten. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP), yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini guru, pengawas sekolah dan kepala sekolah di Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah Bumi Indah Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Banten. Hasil dari penelitian evaluasi kebijakan kepala sekolah dapat disimpulkan sebagai berikut: evaluasi konteks landasan kebijakan kepala sekolah sudah sesuai dengan landasan pemerintah, evaluasi
input Pendampingan dan pelatihan dalam kebijakan ini dengan memberikan
pelatihan seminar online maupun workshop kepada guru-guru yang masih dalam masa bimbingan atau percobaan agar dapat standarisasi dan memberikan hasil yang maksimal. masih perlu adanya kelengkapan dari sarana dan prasarana, evaluasi proses kebijakan kepala sekolah sudah berjalan dengan baik dengan pendampingan dan pelatihan dari kepala sekolah. Produk yang dihasilkan terjadinya pengurangan pelanggaran berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh kepala sekolah sehingga dapat meningkatkan kinerja guru, kedisiplinan guru, komitmen dalam pengajaran dan menyiapkan administrasi tepat waktu.
|