Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan besar pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru; pengaruh ketahanmalangan guru terhadap kinerja guru; komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap ketahanmalangan guru; pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah; pengaruh ketahanmalangan terhadap komunikasi interpersonal. Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri se – Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang yang berjumlah 173 orang. Hasil perhitungan dengan rumus slovin diperoleh sebanyak sebanyak 121 orang guru sebagai sampel penelitian dan ditetapkan 30 orang guru sebagai sampel uji coba. Hasil analisis menunjukkan besarnya pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru 48,1%; besarnya pengaruh ketahanmalangan guru terhadap kinerja guru 15,4%; besarnya pengaruh komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru 15,5%;besarnya pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah 21,9%; besarnya pengaruh ketahanmalangan guru terhadap komunikasi interpersonal kepala sekolah 53,8%; besarnya pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap ketahanmalangan guru sebesar 26%. Artinya pengaruh cara berkomunikasi kepala sekolah paling memiliki pengaruh yang tinggi terhadap ketahanmalangan guru. Serta kepemimpinan visioner kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru.