Kinerja guru menjadi sebuah hal yang penting untuk ditelaah dari waktu ke
waktu. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi hubungan gaya kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru dengan kinerja guru di sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Jakarta. Penelitian kuntitatif korelasional ini menggunakan pengambilan sampel acak/simple random sampling untuk mengumpulkan data dari 24 sekolah yang melibatkan 311 guru menggunakan analisis korelasi Pearson dan regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kepuasan kerja
guru dengan kinerja guru dengan taraf signifikansi 5%. Didapatkan bahwa (1)
terdapat hubungan positif yang signifikan dengan tingkat hubungan sedang antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,541 > 0,113), (2) terdapat hubungan positif yang signifikan dengan tingkat hubungan sedang antara kepuasan kerja guru dengan kinerja guru dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,377 > 0,113), dan (3) terdapat hubungan positif signifikan dengan tingkat hubungan sedang antara gaya kepemimpinan kepala sekolah bersama dengan kepuasan kerja guru dengan kinerja guru yang menghasilkan nilai koefisien korelasi (R) adalah sebesar (r hitung = 0,554) nilai tersebut lebih besar dari rtabel (0,554 > 0,113) dan nilai Fhitung > Ftabel (68,203 > 3,025).
|