Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu evaluasi implementasi gerakan literasi di Sekolah Alam Indonesia Studio Alam Depok pada siswa-siswi di Sekolah Alam (SAI) dari level bawah hingga level atas. Penelitian ini menggunakan metode CIPP yang meliputi context, input, process dan product . Sumber informasi yang terpilih terdiri dari kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Kelas , Siswa Sekolah Alam Kelas Bawah,Siswa Sekolah Alam Kelas Atas Orangtua Murid Kelas Bawah, Orangtua Murid Kelas Atas, Tenaga Pustakwan. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana evaluasi terhadap contex, input, process dan product dalam pelaksanaan program gerakan literasi di Sekolah Alam Indonesia Studio Alam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Pada aspek context sudah sesuai dengan standar Permendibud No 23 tahun 2015. Dan sangat relevan dengan kurikulum pembelajaran 2) pada aspek input dari hasil temuan peneliti yang terkait dengan peserta didik, pendidik, sarana prasana, pembiayaan sudah berjalan dengan baik 3) Pada aspek proses , peneliti menyimpulkan sudah berjalan dengan baik. 4 ) Pada aspek proses peneliti menyimpulkan bahwa literasi di SAI berjalan dengan baik dan sudah menghasilkan banyak produk berupa hasil karya siswa-siswi SAI seperti membuat buku dan karya ilmiah.