Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis dan menguji pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kinerja tugas guru SD Negeri di Gugus 3 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang, 2) menganalisis dan menguji pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja tugas guru SD Negeri di Gugus 3 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang dan 3) menganalisis dan menguji pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap motivasi kerja guru SD Negeri di Gugus 3 Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif kuantitatif dengan pendekatan regresi sederhana dan regresi berganda. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 158 guru dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 113 guru. Penelitian ini dilakukan di SDN Peninggilan 1, SDN Peninggilan 2, SDN Peninggilan 3, SDN Peninggilan 6, SDN Parung Serab, SDN Sudimara 8 dan SDN Tajur 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis jalur path (Path Analysis). Berdasarkan hasil penelitian diketahui 1) terdapat pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Kinerja Tugas Guru di SD Negeri di gugus 3 kecamatan Ciledug kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (10,178 > 1,983) dan nilai koefisien jalur sebesar sebesar 0,195, 2) terdapat pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Tugas Guru di SD Negeri di gugus 3 kecamatan Ciledug kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (4,329 > 1,983) dan nilai koefisien jalur sebesar sebesar 0,397 dan 3) terdapat pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Kerja Guru di SD Negeri di gugus 3 kecamatan Ciledug kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (13,409 > 1,983) dan nilai koefisien jalur sebesar sebesar 0,239.