Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Evaluasi Implementasi Program
Parenting dalam Pelatihan Karakter Siswa di PKBM RQVI Bekasi Selatan.Metode yang digunakan adalah Penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi model Krick Patrick pengumpulan data menggunakan observasi, waancara, dokumentasi dan angket. Teknik keabsahan data dalam evaluasi ini akan merujuk kepada triangulasi data, investigator, dan metode.Hasil penelitian
adalah pelaksanaan proses penyelenggaraan Program Parenting dalam pelatihan Karakter peserta di RQVI Bekasi Selatan terlaksana dengan baik, dengan peserta sejumlah 50 orang siswa. Saat ini, RQV Indonesia telah memberikan manfaat ke lebih dari 53.765 Masyarakat di 132 Cabang baik secara langsung ataupun tidak langsung dan menebarkan kebermanfaatan di 14 Provinsi di Indonesia. Untuk mendukung program pemerintah dalam pembentukan karakter bangsa yang baik, RQV Indonesia Bekasi Selatan mengadakan suatu program pelatihan parenting tentang pelatihan karakter siswa.Hasil evaluasi empat tahap model evaluasi ini yaitu pada tahap reaksi peserta diklat terhadap penyelenggara dan narasumber memberikan reaksi positif dari “Memuaskan”. Demikian halnya pada tahap belajar, peserta semua lulus dengan ratarata kualifikasi “Memuaskan”. Pada tahap perilaku peserta berdasarkan dengan kualifikasi “Baik” dan tahap dampak diklat terhadap peserta juga didapatkan hasil evaluasi dengan kualifikasi “Baik”. Hasil
evaluasi ini setelah dibandingkan dengan kriteria keberhasilan maka penyelenggaraan Program Parenting dalam pelatihan Karakter peserta di RQVI
Bekasi Selatan dikatakan berhasil dengan baik. Perbandingan antara kriteria dan kinerja evaluasi model Kirkpatrick yang ditetapkan, menunjukkan hasil evaluasi ini bagus dan model evaluasi layak untuk direkomendasikan.
|