Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi teknis pengelolaan
anggaran sdit yayasan amaliah baiturrahman kelurahan sukapura kecamatan
cilincing jakarta utara Penelitian ini menggunakan metode Context evaluation,
Input evaluation, Process evaluation dan Product evaluation (CIPP) Contex
dalam penelitian ini adalah kebijakan pengelolaan anggaran sekolah , Input
adalah sumber dana serta penggunaan anggaran untuk membiayai seluruh
kebutuhan pendidikan, Proses adalah teknis pengelolaan anggaran pembiayaan
dan Produk dalam penelitian ini adalah pembuatan Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah (RKAS). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner,
dokumentasi, wawancara, dan triangulasi dengan alat analisis buku panduan
penyusunan RKAS yang diterbitkan kementrian pendidikan. Teknik Analisis
dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan dokumen RKAS yang
dilakukan sekolah sudah sesuai buku panduan penyusunan RKAS. penetapan
program kegiatan Perencanaan pengelolaan dana sekolah mengacu pada hasil
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan program-program yang direkomendasikan dari
hasil EDS. Berdasarkan hasil EDS maka disusunlah program prioritas yang akan
dituangkan dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang terdiri jangka menengah
(4 tahun) berupa Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan jangka pendek
(1 tahun) berupa Rencana Kerja Tahunan (RKT) serta Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah (RKAS).
Saat merencanakan pengelolaan dana dilakukan analisis sumber-sumber
dana dan jumlah nominal yang mungkin diperoleh dilakukan untuk memenuhi
kebutuhan sesuai dengan hasil analisis yang dilakukan. Perpaduan analisis
kegiatan dan sumber dana serta menyangkut waktu pelaksanaannya ini
menghasilkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
|