Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi teknis pengelolaan anggaran sdit yayasan amaliah baiturrahman kelurahan sukapura kecamatan cilincing jakarta utara Penelitian ini menggunakan metode Context evaluation, Input evaluation, Process evaluation dan Product evaluation (CIPP) Contex dalam penelitian ini adalah kebijakan pengelolaan anggaran sekolah , Input adalah sumber dana serta penggunaan anggaran untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan, Proses adalah teknis pengelolaan anggaran pembiayaan dan Produk dalam penelitian ini adalah pembuatan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan triangulasi dengan alat analisis buku panduan penyusunan RKAS yang diterbitkan kementrian pendidikan. Teknik Analisis dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan dokumen RKAS yang dilakukan sekolah sudah sesuai buku panduan penyusunan RKAS. penetapan program kegiatan Perencanaan pengelolaan dana sekolah mengacu pada hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan program-program yang direkomendasikan dari hasil EDS. Berdasarkan hasil EDS maka disusunlah program prioritas yang akan dituangkan dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang terdiri jangka menengah (4 tahun) berupa Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan jangka pendek (1 tahun) berupa Rencana Kerja Tahunan (RKT) serta Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Saat merencanakan pengelolaan dana dilakukan analisis sumber-sumber dana dan jumlah nominal yang mungkin diperoleh dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan hasil analisis yang dilakukan. Perpaduan analisis kegiatan dan sumber dana serta menyangkut waktu pelaksanaannya ini menghasilkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).