Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah sangat penting bagi guru untuk meningkatkan proses pembelajaran. Supervisi akademik yang dlakukan oleh kepala sekolah sebagi supervisor ini meliputi supervisi dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,dan evaluasi atau penilaian pembelajaran. Pelaksanaan supervisiakademik ini bukan hanya berdampak pada cara mengajar guru, namun juga memiliki andil besar dalam peningkatan prestasi peserta didik. Peneliti menetapkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Model evaluasi yang digunakan oleh peneliti ad.alah model evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Model evaluasi CIPP terdiri dari empat jenis evaluasi, yaitu evaluasi konteks (context evaluation), evaluasi masukan
(input evaluation), evaluasi proses (procces evaluation), dan evaluasi produk (product evaluation). 1. Konteks Kepala sekolah dan tim juga menyusun perangkat supervisi seperti membuat jadwal supervisi, dan menyiapkan instrument supervisi 2. Input dari program supervisi akademik di SMP Islamic Center Kota Tangerang yaitu kepala sekolah, guru, sarana prasarana dan siswa yang ikut mendukung dan membantu program supervisi akademik. 3. Proses ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut, dan pelaporan. Perencanaan supervisi akademik meliputi pembentukan tim supervisor, membuat jad.wal pelaksanaan supervisi, dan menyiapkan instrumen supervisi. Sedangkan pelaksanaan supervisi akademik meliputi merealisasikan rencana, menggunakan pendekatan langsung dengan teknik kunjungan kelas, observasi kelas, dan kunjungan antar kelas. Selanjutnya evaluasi supervisi akademik meliputi mengisi intrumen supervisi, berdiskusi terkait hal-hal yang perlu
ditingkatkan kembali dalam proses pembelajaran. Tahap berikut nya tindak lanjut supervisi akademik dilakukan dengan cara mereview hasil penilaian, mengapresiasi kinerja guru, dan menimbang hal-hal yang perlu di tingkatkan kembali di supervisi yang akan datang. Tahap yang terahir pelaporan supervisi akademik langsung diserahkan kepala kepala sekolah untuk di rekap sebagai laporan kepada pengawas satuan pendidikan. 4.Produk, hasil peran kepala sekolah sudah memberikan dampak signifikan terhadap kinerja guru, meningkatkan kompetensi guru walaupun sebenarnya masih bisa untuk lebih dioptimalkan lagi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan program supervisi tetap dilanjutkan dan supervisor haus memiliki strategi yang mampu memberikan perubahan kepada seluruh tenaga pendidik karena tenaga pendidik merupakan ujung tombak untuk melakukan perubahan yang lebih baik terhadap para peserta didik.
|