Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh langsung positif kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap efektivitas kerja guru SDN Gugus 1 di Kecamatan Ciledug. Metode yang dipergunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan path analysis. Kuesioner dipergunakan untuk menjaring data tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, budaya organisasi, dan efektivitas kerja guru. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SDN Gugus 1 di Kecamatan Ciledug. Sampel dalam penelitian ini adalah 112 orang guru dari 155 orang guru sebagai populasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan partisipatif terhadap efektivitas kerja, dengan persamaan regresi X 3= 39,27 + 0,63X1 diperoleh koefisien korelasi (r13) = 0,5198 dengan koefisien jalur þ31 = 0,4772, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan partisipatif maka akan semakin tinggi efektivitas kerja, (2) Terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi terhadap efektivitas kerja, dengan persamaan regresi X 3 = 68,65+ 0,33X2 diperoleh koefisien korelasi (r23) = 02927, dengan koefisien jalur þ32 = 0,1697, dapat disimpulkan bahwa semakin baik budaya organisasi maka akan semakin tinggi efektivitas kerja. (3) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap efektivitas kerja, dengan persamaan regresi X 2 = 68,59 + 0,28X1 diperoleh koefisien korelasi (r12) = 0,2596 dengan koefisien jalur þ21 = 0,2596, dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepemimpinan partisipatif kepala sekolah maka akan semakin baik pula budaya organisasi. Sesuai hasil penelitian, maka untuk meningkatkan efektivitas kerja perlu adanya perbaikan dan peningkatan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah yang juga ditunjang dengan perbaikan dan peningkatan budaya organisasi.