Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (X1), Profesionalitas Guru (X2) terhadap Mutu Layanan Pendidikan (X3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif dan pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan sampel 30 orang guru dari populasi 158 orang guru di sekolah dasar negeri se- kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif terdiri atas penyajian data dengan histogram, polygon, perhitungan mean, median, modus, simpangan baku, varians dan rentang teoritik masing-masing variabel. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan visioner kepala sekolah (X1) terhadap mutu layanan pendidikan (X3). Besar pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap mutu layanan pendidikan dihitung dengan Pearson Correlation. Persamaan regresi linear adalah X3 = 65,774 + 0,431 X1. Dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung 63,847 > Ftabel 3,90. Besarnya koefesien jalur atau nilai þ31 sebesar 0,539 > 0,05 menunjukkan pengaruh antar variabel tersebut adalah signifikan. Terdapat pengaruh yang positif antara variabel profesionalitas guru dengan variabel mutu layanan pendidikan persamaan regresi linear adalah X3 = 69,773 + 0,427 X2. Dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung 100,615 > Ftabel 3,90. Besarnya koefesien jalur atau niali þ32 sebesar 0,485 > 0,05 menunjukkan pengaruh antar variabel tersebut adalah signifikan. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel kepemimpinan visioner kepala sekolah (X1) dengan variabel profesionalitas guru (X2). Persamaan regresi linear adalah X1 = 56,179 + 0,494X2. Dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung 33,669 > Ftabel 3,9. Besarnya koefesien jalur atau niali þ21 sebesar 0,421 > 0,05 menunjukkan pengaruh antar variabel tersebut adalah signifikan. Kepala sekolah dengan kepemimpinan visioner dapat mendorong guru dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai upaya meningkatkan mutu layanan Pendidikan.