Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mendapatkan data empirik mengenai Supervisi Akademik Dan Pelatihan Keprofesian Terhadap Iklim Kerja Guru SD di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survei kausal dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD di Gugus 5 Korwil Karawaci Kota Tangerang yang berjumlah 157 orang dan menggunakan rumus yang dikembangkan Slovin diperoleh 113 guru yang menjadi sampel. Hasil dari analisis data menggunakan program SPSS versi 24 maka terdapat pengarug positif dan signifikan: Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Iklim Kerja Guru SD di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang sebesar 0,000 < 0.005. 2. Pelatihan Keprofesian terhadap Iklim Kerja Guru SD di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang sebesar 0,000 < 0.005. 3. Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Pelatihan Keprofesian terhadap Iklim Kerja Guru SD di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang0,000 < 0.005. Berdasarkan kesimpulan, berikut peneliti dapat memberikan saran kepada:1. Kepala sekolah SD di Kecamatan Karawaci agar mampu mengembangkan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Karena Supervisi Akademik Kepala Sekolah ini mampu meningkatkan Iklim Kerja dan 2. Kepala sekolah agar menciptakan Pelatihan Keprofesian sehingga kemampuan guru akan terus meningkat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.