Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program tahfidz berbasis pembinaan karakter,prosedur penyelenggaraan, ketenagaan, sarana dan prasarana,prosses pembelajaran, hasil dan dampak pelaksanaaan program tahfidz berbasis pembinan karakter di SDIT Al-Fattaah.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context,Input,Process,Product). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi.Instrumen penelitian dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.Teknis analisis data dengan reduksi (memilih dan memilah data),display data (menampilkan data) mengambil kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) landasan filosofis,urgensi dan tujuan program dalam kategori baik (2). Kepemimpinan kepala sekolah dan kurikulum program tahfidz berbasis pembinaan karakter ,karakteristik tenaga pendidik,sarana dan prasarana,pembiayaan dalam kategori baik (3) Proses belajar mengajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan,dan penilaian dalam kategori baik (4) Hasil pelaksanaan program tahfidz berbasis pembinaan karakter dan dampak pelaksanaan program tahfidz berbasis pembinaan karakter dalam kategori baik. Kelebihan program tahfidz berbasis pembinaan karakter di SDIT Al-Fattaah adalah menjadikan program hafalan Al-Qur’an sebagai sarana dalam membentuk karakter siswa-siswinya. Program ini memberikan hasil yang optimal dalam membentuk karakter siswa siswinya,berdasarkan hasil tracer yang dilakukan oleh pihak sekolah 80% siswa siswi terbentuk karakternya setelah mengikuti program ini,sehingga program
tahfidz berbasis pembinaan karakter ini dapat didesiminasikan pada lembaga lain yang akan melaksanakan program tahfidz berbasis pembinaan karakter.
|