Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai implementasi program pendidikan karakter Melalui Pembelajaran Kewarganegaraan di SDN Harapan Jaya III Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sejauhmana terlaksananya program dan ketercapaian tujuan program. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan , guru kelas pengampu program, peserta didik serta orang tua peserta didik. Temuan hasil evaluasi antara lain evaluasi konteks meliputi tujuan diadakannya program pendidikan karakter yang sudah sesuai dengan visi dan misi sekolah yaitu menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk membangun kecerdasan dan karakter peserta didik dengan semangat kebangsaan; evaluasi input meliputi kurikulum program yang merupakan implementasi dari kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, serta kemampuan peserta didik dan kompetensi guru yang perlu ditingkatkan; evaluasi proses meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program; evaluasi produk meliputi hasil dan dampak program pendidikan karakter melalui Pembelajaran Kewarganegaraan bagi sekolah, guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Implikasi bagi sekolah dengan adanya program ini antara lain meningkatnya nilai sekolah (school value), mutu pendidikan yang diselenggarakan dan tingkat kepercayaan masyarakat, peserta didik dengan kepribadian dan karakter terpuji, guru yang termotivasi untuk selalu meningkatkan kompetensinya dan orang tua peserta didik. Hal ini terjadi karena sekolah terbukti tidak hanya memfokuskan diri terhadap perkembangan ranah akademik namun juga non akademik.