Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi standar proses PAUD Fokus As Salam Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Tempat yang digunakan sebagai penelitian adalah PAUD Fokus As Salam, Jalan Saman RT 002/07 No.2 Kelurahan Gaga Kecamatan Larangan Kota Tangerang Provinsi Banten. Salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang berada pada jalur non formal adalah Kelompok Bermain (KB) yang berusia 4-5 tahun. Pendidikan di KB bertujuan untuk pencapaian perkembangan yaitu: nilai agama dan moral, fisik motorik kasar, motorik halus, kesehatan fisik, kognitif yaitu pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk warna ukuran dan pola, konsep bilangan lambang bilangan dan huruf, bahasa yaitu menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, keaksaraan, sosial emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi model CIPP (conteks, input, proces dan produk) dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi ini berorientasi pada tiga komponen yaitu context, input, process dan product atau CIPP (Stufflebeam, 1986).. Hasil dari analisis menyatakan evaluasi konteks, input, proses dan produk sesuai dengan standar proses pendidikan anak usia dini sudah dan standar nasional pendidikan serta didukung dengan penelitian terdahulu.