Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana Implementasi dan keberhasilan Program Sekolah Sehat yang telah dilaksanakan oleh SD Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), melalui komponen- komponen Program Sekolah Sehat yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1429 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, ketua komite sekolah, tim sekolah sehat dan guru. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Visi, misi dan tujuan Sekolah Dasar Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten telah sesuai dengan landasan kebijakan dari kriteria standar Pemerintah (2) Kesiapan sumber daya manusia dalam menyusun dan merancang pembelajaran yang terkait dengan PHBS sebagian sudah memenuhi kriteria-kriteria yang terdapat pada standar program sekolah sehat (3) Proses Implementasi Program Sekolah Sehat di SD Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten sudah berjalan dengan baik yaitu warga sekolah ikut terlibat aktif dalam pelaksanaan program sekolah sehat (4) Ketercapaian hasil dari Implementasi Program Sekolah Sehat yaitu SD Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten telah berhasil meraih piagam penghargaan tingkat Kota pada tahun 2015 dan tingkat Provinsi pada tahun 2021. Sebagai tindak lanjut, sekolah sedang dalam proses menuju Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional. Implementasi Program Sekolah Sehat di Sekolah ini sudah cukup baik dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap warga sekolah dan meningkatkan prestasi sekolah.