Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jatake 4 Kota Tangerang dan memberikan rekomendasi peningkatan kualitas program pendidikan inklusif di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jatake 4 Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penggunaan model evaluasi tersebut dipilih untuk mengevaluasi Contex, input, process, Product pada program pendidikan inklusif dalam melayani peserta didik dengan kondisi yang beragam, serta RTL (Rencana Tindak Lanjut) yang akan dilakukan dalam menyelesaikan masalah-masalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang ada di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SDN Jatake 4. Hasil penelitian dari evaluasi context pada pelaksanaan program pendidikan inklusif di SDN Jatake 4 Kota Tangerang telah memaparkan mengenai tiga komponen yaitu: latar belakang historis, tujuan pendidikan inklusif serta kebijakan dan peraturan acuan yang berlaku. Sedangkan evaluasi Input mencakup empat komponen yaitu: Sumber pembiayaan, sumber daya manusia, kesiswaan serta sarana dan prasarana. Hasil penelitian evaluasi Process pada pelaksanaan program pendidikan inklusif di SDN Jatake 4 Kota Tangerang telah menjelaskan bahwa terdapat dua komponen yaitu proses KBM dan proses penilaian, sedangkan pada evaluasi product telah dipaparkan mengenai hasil penelitian berdasarkan dari wawancara pada beberapa narasumber hasil dari pelaksanaan program meliputi prestasi siswa inklusif di SDN Jatake 4 Kota Tangerang dan akibat dari hasil pelaksanaan kebijakan program pendidikan inklusif bagi masyarakat.
|