Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi rancangan dan proses program budaya
literasi di SDN Cipondoh 1 Kota Tangerang di Masa Pandemi COVID 19 . Penelitian yang menggunakan model Evaluasi CIPP ini untuk menggali atau mencari informasi secara mendalam terkait tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil setelah program dilaksanakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data subyek dari penelitian adalah guru, siswa, ketua program literasi, dan sebagai informan adalah kepala sekolah , Wakasek Kurikulum, wakasek sarana dan Prasaran dan ketua Komite. Metode analisis data yang digunakan
adalah kualitatif Evaluatif yang meliputi empat tahapan yaitu melalui pertanyaan yang disusun sesuai dengan rumusan, pengamatan yang dilakukan dan digunakan untuk mengetahui pelaksanaan program budaya literasi di SDN Cipondoh 1 Kota Tangerang, , mendata dan mengumpulkan dokumen serta catatan penting dan menyusun laporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian program literasi di SDN Cipondoh 1 Di Masa Pandemi COVID 19 masih belum menyeluruh dalam pelaksanaannya namun cukup memberikan dampak positif bagi beberapa kelas yang telah melaksanakan program budaya literasi sekolah. Maka, evaluasi program telah dilaksanakan cukup baik. Sehingga dengan adanya penelitian ini, dapat dijadikan acuan dalam menambah pengetahuan tentang evaluasi program budaya literasi sekolah.
|