Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan : 1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru, 2) budaya sekolah dengan kinerja guru, 3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah dengan kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih, dimana hubungan antar subjek dengan subjek lainnya diteliti tanpa manipulasi. Variabel yang diteliti adalah kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1), budaya sekolah (X2) dan kinerja guru (Y). Populasi penelitian ini berjumlah 156 guru dengan jumlah sampel sebanyak 112 guru yang ditetapkan menggunakan rumus slovin dengan sampel uji coba 30 guru. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa kuisioner melalui google form model skala likert dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Untuk menguji hipotesis digunakan uji regresi linear berganda yang dihitung menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y). Nilai signifikansi X1 dengan Y adalah sebesar 0,658 > 0,05 dan t hitung -0,443