Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepemimpinan kepala sekolah Paud dalam meningkatkan mutu pendidikan di KB Harapan Bunda di Kecamatan Periuk Kota Tangerang, yang dipaparkan secara mendalam, prosedur dan langkah kongkrit melalui strategi kepala sekolah, kendala-kendala yang dihadapi di lapangan atau faktor penghambat serta rencana tindak lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu aktivitas yang dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan sampai datanya jenuh dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Penulis juga menggunakan instrumen untuk memperoleh data antara lain pedoman observasi, dokumentasi, dan wawancara. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi (trianggualasi) yang mengacu kepada analisa dedukatif dan induktif dengan menggunakan metode yang relevan dengan variabel utama yang akan diteliti, sedangkan informan sebagai nara sumber adalah kepala sekolah, guru, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya adalah sebagai berikut : Peran kepala sekolah sebagai emaslim sudah dijalankan oleh para kepala PAUD di Kecamatan Periuk dengan baik; (2) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam Meningkatkan mutu pendidikan (3) Kepala sekolah PAUD di Kecamatan Periuk banyak mengalami kendala dilapangan dalam melaksanakan fungsi kepemimpinanya. (4). Rencana tindak lanjut yang dilakukan Kepala sekolah dalam menghadapi kendala-kendaka yang dihadapi.